operasi gigi bungsu

Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang biasanya tumbuh pada usia antara 17 hingga 25 tahun. Terkadang, gigi ini bisa tumbuh tanpa menimbulkan masalah. Namun, ada kalanya pertumbuhan gigi bungsu ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut, seperti rasa sakit, infeksi, atau bahkan kerusakan pada gigi lainnya.

Operasi gigi bungsu adalah prosedur umum yang seringkali diperlukan untuk menghindari masalah kesehatan mulut yang lebih serius di kemudian hari. Dengan penanganan yang tepat dan perawatan pasca operasi yang baik, pasien dapat pulih dengan cepat dan mengurangi risiko komplikasi. Bila Anda memiliki keluhan atau masalah kesehatan mulut terkait gigi bungsu, Anda bisa datang ke klinik gigi Damessa. Damessa Family Dental Care telah beroperasi sejak 2008 dan kini memiliki 14 cabang di Jabodetabek. Dengan pengalaman 16 tahun, Damessa adalah pilihan terbaik untuk perawatan gigi Anda dan keluarga.

Prosedur Operasi Gigi Bungsu

Operasi pengangkatan gigi bungsu biasanya diperlukan ketika gigi bungsu tidak tumbuh dengan sempurna atau tumbuh miring, sehingga tidak dapat keluar sepenuhnya dari gusi. Dampaknya, gigi ini akan menyebabkan rasa sakit berkelanjutan atau infeksi pada jaringan gusi di sekitarnya dan juga mendesak gigi geraham di depannya. Hal ini menyebabkan kerusakan atau perubahan posisi gigi lainnya.

Operasi gigi bungsu dilakukan oleh dokter gigi atau ahli bedah mulut. Biasanya, langkah-langkah umum dalam prosedur operasi gigi bungsu, di antaranya:

  1. Konsultasi Awal

Pasien akan menjalani konsultasi awal dengan dokter gigi atau ahli bedah mulut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan akan mengambil foto rontgen untuk melihat posisi gigi bungsu dan kondisi tulang rahang.

  1. Persiapan Operasi

Pada hari operasi, pasien akan diberi anestesi lokal untuk membuat area di sekitar gigi mati rasa atau sedasi, tergantung kompleksitas operasi dan kenyamanan pasien.

  1. Pengangkatan Gigi

Dokter akan membuat sayatan kecil di gusi untuk mengakses gigi bungsu. Jika gigi masih berada di dalam tulang rahang, sebagian tulang mungkin perlu dibuang. Gigi kemudian akan diangkat, seringkali dalam beberapa bagian untuk meminimalkan kerusakan jaringan sekitarnya.

 

  1. Penjahitan dan Pembalutan

Setelah gigi diangkat, luka akan dijahit untuk membantu penyembuhan. Dokter juga akan menginstruksikan pasien untuk menggigit tampon di area bekas pencabutan untuk mengontrol perdarahan.

Tips Perawatan Setelah Operasi

Perawatan yang baik setelah operasi sangat penting untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah komplikasi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Konsumsi Obat Sesuai Resep

Pastikan Anda mengonsumsi obat pereda nyeri dan antibiotik sesuai dengan resep dokter untuk mengendalikan rasa sakit dan mencegah infeksi.

  1. Jaga Kebersihan Mulut

Sikat gigi dengan lembut dan hindari area operasi. Anda bisa berkumur dengan air garam hangat untuk membantu membersihkan mulut dan mencegah infeksi.

  1. Kompres Dingin

Gunakan kompres es pada area pipi untuk mengurangi pembengkakan. Lakukan ini selama 15-20 menit setiap jam pada hari pertama.

  1. Hindari Aktivitas Berat

Beristirahatlah sebanyak mungkin dan hindari aktivitas fisik yang berat selama beberapa hari pertama untuk mencegah pendarahan berlebih dan pembengkakan.

  1. Pilih Makanan Lembut & Hindari Rokok

Konsumsi makanan yang lembut dan dingin, seperti yogurt, puding, atau sup dingin. Hindari makanan keras, panas, atau pedas yang bisa mengiritasi area operasi. Merokok dapat memperlambat proses penyembuhan dan meningkatkan risiko infeksi. Sebaiknya hindari hal tersebut selama masa pemulihan.

Biaya Operasi Gigi Bungsu di Damessa

Biaya operasi gigi bungsu dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk tingkat kesulitan atau kompleksitas kasus, fasilitas yang disediakan klinik, dan jenis anestesi yang digunakan.

Secara umum, anggaran yang perlu dipersiapkan untuk pencabutan gigi berkisar antara Rp 650.000 hingga Rp 1.500.000. Untuk pencabutan gigi bungsu yang tumbuh tidak normal dan memerlukan operasi, biaya yang dapat dikeluarkan berkisar antara Rp 2.400.000 hingga Rp4.500.000. Pastikan dahulu berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter spesialis Bedah Mulut di Damessa Family Dental Care untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat sebelum menjalani operasi.

Perawatan yang tepat setelah operasi gigi bungsu sangat penting untuk memastikan pemulihan yang cepat dan mengurangi risiko komplikasi. Sangat dianjurkan untuk wajib mengikuti tips perawatan dan petunjuk dari dokter setelah operasi, untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Operasi gigi bungsu adalah prosedur yang umum dan biasanya diperlukan untuk mencegah masalah kesehatan mulut yang lebih serius. Dengan memahami prosedur, biaya, tahap pemulihan, dan tips perawatan, Anda dapat mempersiapkan diri dari saat ini.

Mengalami masalah setelah operasi gigi bungsu? Jangan khawatir, Damessa hadir untuk membantu. Konsultasikan masalah gigi Anda secara gratis melalui WhatsApp atau kunjungi cabang terdekat di Jabodetabek. Tim profesional kami akan memberikan perawatan terbaik untuk memastikan Anda bisa tersenyum dengan percaya diri setiap hari. Untuk konten menarik lainnya, Anda bisa cek di instagram Damessa Family Dental Care @damessa.dentalclinic .

Ditinjau oleh: drg. Brenda Regina Christy

Merupakan dokter gigi lulusan pendidikan Dokter Gigi Universitas Airlangga yang merupakan seorang Supervisor Dentist Human Capital di Damessa Dental Care.