Dalam dunia kesehatan, karang gigi yang keras telah dipercaya sebagai salah satu masalah serius namun seringkali disepelekan. Jika belum bisa mengunjungi dokter gigi, ada beberapa cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras untuk kamu coba di rumah, lho.

Meskipun plak tebal dan karang gigi yang keras ini merupakan sisa makanan yang tertimbun cukup lama, kamu tetap bisa membersihkannya secara rutin dengan alat dan bahan sederhana, kok. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak tuntas artikel di bawah ini!

PENYEBAB KARANG GIGI

Sebelum membahas tentang cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, ada baiknya jika kamu mengetahui penyebab karang gigi tersebut.

Penyebab karang gigi dimulai dari berkembangnya plak akibat sisa makanan dan minuman yang tidak dibersihkan dengan benar karena jarang menyikat gigi. Khususnya makanan dan minuman manis atau mengandung gula. Di mana plak tersebut akan menumpuk dan terjadilah penebalan karang gigi.

Selain itu, ada faktor penyebab karang gigi lainnya yakni kebiasaan mengonsumsi minuman alkohol dan merokok.

EFEK DARI KEBERADAAN KARANG GIGI

Jika kamu tidak segera mencari cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, hal tersebut bisa menyebabkan masalah-masalah gigi dan mulut lainnya seperti:

  • Gigi berlubang. Bakteri hasil penumpukan sisa-sisa makanan dan karang gigi menebal akan mengikis enamel dan menyebabkan gigi berlubang.
  • Mulut mengeluarkan bau tidak sedap. Bakteri dalam karang gigi yang keras juga dapat menimbulkan bau mulut tak sedap.
  • Rentan terkena radang gusi. Kuman dalam karang gigi yang sudah tebal juga bisa menyerang gusi dan menimbulkan nyeri hingga radang gusi.
  • Periodontitis. Periodontitis adalah kondisi di mana gusi sekitar gigi meradang dan membentuk celah di gigi. Hal ini berpotensi merusak jaringan dan tulang dalam gusi.

CARA MENGHILANGKAN KARANG GIGI YANG SUDAH MENGERAS

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras hingga benar-benar bersih sebenarnya hanya bisa dilakukan melalui scaling oleh dokter gigi.

Scaling adalah pembersihan karang gigi menggunakan alat ultrasonic scaler. Alat ini ampuh membersihkan plak yang sudah menebal dan keras sampai ke sela-sela gigi hingga bagian terdalam mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menghindari hal-hal berikut selama 1 – 2 hari agar tidak sekaligus sebagai upaya pencegahan karang gigi timbul lagi:

  • Mengonsumsi makanan alot atau dengan tekstur keras dan kasar
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis atau asin
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin
  • Mengonsumsi alkohol dan kebiasaan merokok

CARA MENGURANGI PEMBENTUKAN KARANG GIGI

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras memang hanya bisa benar-benar dilakukan oleh dokter gigi. Namun, jangan khawatir. Sebab kamu tetap dapat mencoba beberapa cara mengurangi pembentukan karang gigi dalam rongga mulut di rumah. Yuk coba!

1. Menggunakan dental floss

Dental floss adalah benang gigi yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan plak di sela-sela gigi yang sulit dijangkau bulu sikat gigi. Alat ini bisa dapat dengan mudah di supermarket terdekat.

Meskipun dental floss memang tidak bisa seefektif scaling dalam cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, namun dengan memakainya setelah sikat gigi ternyata bisa mencegah penebalan karang, lho.

2. Sikat gigi dua kali setiap hari

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Sama halnya dengan peribahasa tersebut, sebelum kamu melakukan scalling sebagai cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, ada baiknya untuk mulai rutin sikat gigi dua kali sehari.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyebab karang gigi adalah berkembangnya bakteri sisa-sisa makanan dan minuman. Oleh karena itu, sisa-sisa makanan tersebut harus dibersihkan secara rutin.

3. Pilihlah sikat gigi yang tepat

Pemilihan sikat gigi rupanya bisa membantu kamu dalam mengatasi karang gigi membandel. Pastikan bulu sikat gigi tidak terlalu lembut agar efektif membersihkan sisa-sisa makanan. Namun, jangan pula memilih bulu sikat gigi yang terlalu keras. Sebab hal tersebut bisa melukai gusi.

4. Banyak mengonsumsi air putih

Meskipun cara menghilangkan karang gigi yang sudah menebal hanya bisa dilakukan di dokter, tapi kamu bisa memulai hal kecil seperti mengonsumsi air putih dengan cukup untuk mengurangi pembentukan karang gigi.

Air putih mampu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Sehingga, fungsi air liur untuk menjaga kelembaban mulut dan membersihkan sisa makanan akan semakin efektif. Enzim yang terdapat di air liur juga mampu melawan bakteri penyebab infeksi di mulut.

5. Hentikan kebiasaan merokok

Karang gigi tebal juga termasuk salah satu dari sekian dampak negatif merokok nih sahabat Damessa. Bahkan, kandungan kimia dari rokok bisa menyebabkan karang gigi atau plak berwarna lebih hitam pekat dibanding mereka yang tidak merokok. Yuk perlahan hentikan kebiasaan merokok.

6. Menggunakan obat kumur

Menggunakan obat kumur adalah cara menghilangkan karang gigi yang sudah keras selanjutnya. Pilih obat kumur dengan tujuan membersihkan karang gigi. Namun, pastikan mouthwash tersebut sudah BPOM dan tidak mengandung alkohol agar mulut kamu tidak kering.

Cara pakainya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu berkumur-kumur dengan cairan ini setelah sikat gigi. Agar lebih optimal, gunakan obat kumur sesuai petunjuk pemakaian yang tertera.

7. Memilih makanan dengan bijak

Agar cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras tadi bisa maksimal hasilnya, kamu juga harus membangun kebiasaan sehat baru seperti mulai memilih makanan dengan bijak.

Kurangi asupan yang terlalu manis maupun asam. Sebab rasa yang terlalu ekstrim bisa menyebabkan bakteri berkembang biak yang kemudian menumpuk menjadi karang gigi yang mengeras.

8. Menyikat dengan pasta gigi mengandung fluoride

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras satu ini membutuhkan pasta gigi dengan kandungan fluoride. Fluoride pada pasta gigi mampu mencegah penumpukan plak dan karang gigi yang keras.

Kandungan tersebut melindungi enamel dan membantu membersihkan serta mencegah munculnya karang gigi. Jadi, pastikan kamu menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride ya sahabat Damessa!

9. Cek rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali

Yuk mengunjungi dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali! Di sana, dokter gigi akan melakukan pengecekan secara mendalam terhadap kondisi gigi dan mulutmu.

Jika memang ditemukan plak atau karang gigi yang sudah menebal, tentunya dokter akan mengambil tindakan scaling untuk membersihkannya. Tak hanya itu, dokter juga mengecek apakah terdapat tanda-tanda masalah gigi lainnya seperti karies atau gigi berlubang.

Itulah beberapa cara mengurangi karang gigi yang sudah mengeras. Selain praktis, alat dan bahannya pun mudah ditemui di sekitarmu, bukan? Nah, beberapa tips di atas sebaiknya dilakukan secara rutin sembari menjaga pola hidup bersih agar plak tak lagi terbentuk di kemudian hari dan menjadi karang gigi yang menebal, ya.

Sebagai salah satu upaya pencegahan karang gigi menebal semakin meluas, kamu bisa mendapatkan perawatan dengan membuat jadwal konsultasi di Damessa secara online, lho. Yuk, cek sekarang!