aligner gigi vs behel gigi

Susunan gigi yang teratur dan sempurna merupakan keinginan bagi semua individu, tanpa memandang gender, usia, atau generasi. Semua kalangan mengharapkan gigi mereka memiliki tatanan yang rapi dan indah. Namun, untuk membentuk gigi yang rata dan tersusun rapi, tentu bukan hal yang sederhana. Ada proses yang harus dilalui.

Ada beberapa treatment yang bisa dilakukan untuk meratakan gigi dengan nyaman, terencana dan sesuai dengan petunjuk dan arahan dokter gigi.Salah satu treatment untuk meratakan gigi adalah aligner gigi. Aligner gigi  adalah alat bantu untuk merapikan gigi yang terbuat dari material menyerupai plastik, dengan warna yang transparan. Berbeda dengan kawat gigi atau behel, aligner gigi tidak permanen, sehingga dapat dilepas kapan saja sesuai kebutuhan penggunaannya.

Keunggulan Aligner Gigi

Keunggulan aligner gigi menurut salah satu dokter spesialis ortodontis di Damessa Family Dental Care, mengatakan bahwa aligner gigi lebih nyaman, tidak terlihat, dan waktu perawatannya jelas lebih singkat dibandingkan penggunaan behel atau kawat gigi biasa, selain itu juga lebih estetis.

Cara Kerja Aligner Gigi

Cara kerja Aligner gigi adalah dengan menekan secara ringan dan perlahan pada gigi, kemudian diteruskan ke akar gigi dan tulang rahang.

Pola kerja seperti ini menjadikan pemakaian aligner lebih nyaman dan lebih tidak terasa sakit dibandingkan behel. Penggunaan aligner juga tidak bersifat menetap seperti behel yang ditempelkan dengan gigi, sehingga perawatan dengan aligner cenderung lebih ringan, nyaman, dan fleksibel karena bisa dilepas kapan saja dibutuhkan.

Kisaran Harga Aligner

Lalu, berapa kisaran harga memasang aligner gigi?  Nah, pertanyaan ini tentunya menegaskan ada kualitas ada harga. Umumnya, pemasangan aligner gigi berkisar mulai sebelas juta hingga enam puluh juta. Untuk pemasangan aligner gigi cenderung lebih mahal dari pasang behel atau kawat gigi, tetapi biaya dapat bervariasi tergantung pada merek dan kompleksitas kasus.

Aligner Gigi atau Behel Gigi?

Pilihan antara menggunakan behel gigi dan aligner dapat disesuaikan dengan preferensi individu, preferensi estetika, dan rekomendasi dari ortodontis. Dari kacamata orthodontist, aligner gigi cocok untuk kasus yang lebih sederhana dan bagi mereka yang menginginkan solusi yang lebih estetis dan nyaman.

Sebelum Anda memutuskan untuk memasang aligner gigi, pastikan anda berkonsultasi dengan dokter gigi yang anda percaya dan sudah dikenal baik. Sehingga, selain tahu riwayat kesehatan gigi kita, dokter yang kita kenal dengan baik akan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita dalam kenyamanan, estetika dan kesehatan gigi secara keseluruhan.

Tips Memilih Klinik untuk Pasang Aligner

Berikut adalah tips memilih klinik gigi untuk pemasangan aligner gigi :

1. Pilih penyedia aligner yang ada kliniknya

2. Pilih yang tim dokternya lengkap dan berkuallitas

3. Pilih dokter yang tepat dan punya jam terbang tinggi dalam penanganan pemasangan aligner gigi.

4. Pilih yang ada testimoni dari konsumen

5. Cek dan ikuti media sosialnya, sehingga kita bisa tahu kualitas layanan dan punya treatment yang ada dengan yang kita butuhkan.

Tentu saja, dari kelima poin tersebut, sisi harga, kenyamanan, kualitas pelayanan dan konsultasi yang kita lakukan menjadi salah satu dari beberapa hal yang bisa dijadikan dasar dalam mengambil keputusan memasang aligner gigi.

Nah, Damessa Family Dental Care mempunyai layanan pemasangan aligner gigi yang berkualitas, ditangani oleh dokter-dokter spesialis dari berbagai perguruan tinggi ternama dan punya jam terbang yang tinggi dalam hal memasang aligner gigi. Penasaran kan? Yuk, cek website Damessa Family Dental Care https://damessa.id/daftar-dokter/

Related Artikel:

  1. 4 Persiapan Sebelum Memakai Aligner Gigi
  2. Percaya diri dengan Aligner Gigi