Saat sudah dewasa, ada banyak sekali alasan kenapa gigi bisa copot. Mulai dari pencopotan karena gigi berlubang, abrasi, memakan makanan yang terlalu keras, sampai dengan kecelakaan. Dan tentunya, hal tersebut akan memberikan masalah tersendiri jika tidak segera diatasi.

harga gigi palsu permanen

Untungnya, di zaman serba canggih seperti sekarang ini, perkembangan teknologi di bidang kedokteran gigi juga semakin maju. Banyak juga pilihan gigi palsu yang bisa dipilih untuk dipasang. Baik itu gigi palsu permanen dan juga lepas pasang. Harga gigi palsu permanen juga bervariasi tinggal dipilih sesuai dengan budget.

Dibandingkan dengan gigi palsu lepas pasang, versi yang permanen lebih direkomendasikan. Pilihannya ada beberapa, mulai dari implan gigi, crown atau jembatan, sampai dengan denture permanen. Berikut deretan alasan kenapa pasang gigi palsu permanen lebih disarankan.

1. Lebih Awet

Salah satu alasan kenapa banyak orang lebih memilih gigi palsu permanen adalah keawetan yang ditawarkan. Misalnya saja memilih crown atau jembatan, biasanya terbuat dari bahan seperti keramik atau zirkonia yang bisa bertahan sampai dengan bertahun-tahun lamanya. Akan lebih awet lagi dengan perawatan yang baik.

Berlaku juga dengan implan gigi, biasanya terbuat dari sekrup titanium yang ditanam dalam rahang dengan mahkota di atasnya. Ini juga akan membuat gigi tahan sampai bertahun-tahun. Bahkan selamanya dengan perawatan teratur ke dokter gigi. 

2. Pasang Gigi Palsu Permanen dapat Mencegah Gangguan Bicara

Memilih gigi palsu permanen juga akan membuat kamu terhindar dari masalah gangguan bicara. Pasalnya, jika memilih gigi palsu yang lepas pasang, ada kemungkinan gigi goyang atau copot. Tidak menutup kemungkinan, gigi goyang tersebut bisa membuat gangguan saat berbicara karena sang empunya gigi palsu sedang khawatir giginya terlepas.

Dengan memilih gigi palsu permanen, gigi akan lebih kokoh dan tidak khawatir copot. Pasalnya gigi palsu seperti implan akan ditanam, jadi risiko longgar atau terlepas juga sangat kecil. Kamu pun bisa berbicara sepuasnya tanpa khawatir gigi bisa copot.

3. Lebih Mudah untuk Mengunyah

Kekuatan yang diberikan oleh gigi palsu permanen juga setara dengan gigi asli. Sehingga bisa digunakan untuk memakan berbagai jenis makanan. Namun tentu saja, hindari makanan yang terlalu keras atau menggigit benda terlalu keras. Karena seperti gigi asli, versi palsu permanen juga bisa patah.

Tidak hanya menghindari menggigit makanan atau benda yang keras, perlu juga mengurangi kebiasan buruk seperti menggertakkan gigi atau istilahnya bruxism. Kebiasaan buruk tersebut akan membuat gigi palsu atau asli gampang goyang bahkan copot. Jika ingin awet, hindari hal-hal tersebut.

4. Perawatan yang Mudah

Dengan memilih gigi palsu permanen, kamu juga akan mempermudah hidup. Perawatannya mirip dengan gigi asli. Perlu disikat secara rutin dengan sikat gigi halus, gunakan floss atau benang gigi dan juga melakukan perawatan ke dokter gigi secara rutin.

Beda jika kamu memilih gigi palsu konvensional yang lepas pasang. Perawatannya akan lebih rumit karena kamu perlu melakukan sterilisasi gigi sebelum dipasang. Kamu juga perlu membersihkan dalam mulut secara teratur supaya gigi palsu yang digunakan tidak berakhir beraroma kurang sedap.

5. Tidak Mengubah Rasa Makanan

Dalam hal makan, gigi palsu permanen juga lebih disarankan karena tidak akan memengaruhi rasa makanan. Rasanya akan seperti menggunakan gigi asli. Namun jika menggunakan gigi palsu lepasan, bisa memengaruhi kemampuan merasakan makanan. Terutama jika pemasangannya tidak tepat.

6. Penampilan Lebih Natural

Satu lagi kelebihannya yaitu memberikan tampilan yang lebih natural tanpa banyak usaha. Berbagai gigi palsu permanen ini memang dibuat sesuai dengan rahang masing-masing. Karena itu juga, pengerjaanya cukup lama. Tidak hanya rahang saja, gigi palsu jenis ini juga dibuat sesuai dengan warna gigimu.

Dengan memilih gigi palsu permanen, kamu tidak akan perlu lepas pasang lagi. Seperti gigi alami sehingga kamu akan lebih percaya diri. Jika kepercayaan diri sudah meningkat, pekerjaan yang dilakukan bisa lancar.

Namun tentu saja, semua keputusan untuk pasang gigi palsu jenis permanen atau lepasan, semua ada di tanganmu. Namun untuk klinik berkualitas dan profesional, Damessa Family Dental Care merupakan rekomendasinya. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi, termasuk juga implan sampai dengan crown.

Damessa Family Dental Care sendiri merupakan klinik yang sudah ada sejak tahun 2018. Telah memiliki belasan cabang di sekitaran Jabodetabek. Pilihan layanannya banyak, terpercaya dengan tim dokter yang berpengalaman dan profesional, serta menawarkan ruang perawatan yang nyaman. Untuk konten menarik lainnya, Anda bisa cek di instagram Damessa Family Dental Care @damessadentalclinic 

Related Artikel:
1. Damessa x Osstem Implan
2. 13 Cabang Damessa Dental Care