Apa itu scaling? Scaling gigi adalah salah satu cara untuk membersihkan gigi dengan maksimal. Selain rajin menyikat gigi, Sahabat Damessa juga perlu rutin memeriksa kesehatan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali dan melakukan perawatan seperti scaling.

Secara umum, scaling gigi adalah langkah menjaga kesehatan mulut kamu agar terhindar dari segala risiko penyakit dan masalah gigi lainnya. Untuk membahas lebih lanjut mengenai prosedur, manfaat, hingga biaya scaling gigi, yuk simak artikel di bawah ini!

Apa itu scaling gigi?

Scaling gigi adalah prosedur medis non-operasi untuk membersihkan karang gigi dan plak menggunakan alat bernama scaler. Karang gigi bila dibiarkan lama kelamaan akan mengeras dan sulit dibersihkan menggunakan sikat gigi biasa, sehingga diperlukan alat khusus.

Proses scaling gigi dapat dilakukan dengan alat manual serta umumnya menggunakan ultrasonic scaler. Kamu bisa menjalani proses ini di klinik tempat scaling gigi terdekat, seperti Damessa.

Manfaat scaling gigi

Utamanya, manfaat scaling gigi adalah untuk membersihkan karang gigi di permukaan gigi. Selain itu, manfaat scaling gigi adalah sebagai berikut:

1. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut umumnya disebabkan karena bakteri yang terdapat di karang gigi. Bakteri tersebut bersarang dan berkembang biak di sana. Oleh sebab itu, dengan rutin melakukan proses scaling gigi, maka kebersihan mulut kamu akan terjaga dan meminimalisir bau mulut yang tidak sedap.

2. Mencegah infeksi gusi

Apakah Sahabat Damessa tau bahwa gusi dapat terkena radang akibat penumpukan karang gigi yang dibiarkan? Gingivitis atau radang gusi adalah kondisi yang ditandai dengan gejala seperti nyeri di area gusi, bengkak, hingga berdarah. Radang tersebut dapat berlanjut sampai kondisi lebih serius, dan merusak gigi serta jaringan lainnya.

3. Meminimalisir risiko penyakit jantung

Bakteri penyebab radang gusi (periodontitis) ternyata bisa berpengaruh terhadap kenaikan risiko penyakit jantung, lho! Ini berhubungan dengan jaringan penyangga gigi, serta terhubung ke bagian tubuh lainnya lewat aliran darah. Sehingga bakteri di gusi tersebut dapat menginfeksi hingga mengganggu aliran darah ke jantung.

Rutin melakukan scaling gigi adalah satu bentuk usaha untuk menjaga risiko terkenanya gangguan pada jantung.

4. Mencerahkan warna gigi

Adanya karang gigi akibat plak yang menempel tentunya akan mengganggu penampilan, membuat gigi terlihat kotor, kusam dan kuning. Oleh karena itu, rutinlah melakukan scaling dan jaga tampilan gigi kamu supaya selalu cerah, ya!

5. Menguatkan email gigi agar tidak mudah ompong

Scaling gigi adalah cara pembersihan karang gigi. Banyak orang berpikir bahwa proses ini menyebabkan terkikisnya email gigi, padahal hal tersebut tak sepenuhnya benar.aktanya, scaling adalah metode merontokkan karang gigi melalui getaran, dimana cara tersebut aman dan tidak akan mengikis lapisan email gigi.

Sebaliknya, justru prosedur ini akan menjaga keutuhan email gigi. Sebab karang gigi yang dibiarkan akan membuat tubuh bereaksi mengeluarkan enzim dimana berakibat merusak lapisan gigi.

Kapan harus melakukan scaling gigi?

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa karang gigi yang sudah mengeras sulit diatasi sendiri, kamu perlu datang ke dokter atau klinik tempat scaling gigi terdekat untuk membersihkannya.

Melakukan scaling gigi adalah penting dan disarankan untuk dilakukan secara rutin setiap enam bulan sekali. Bahkan dalam kasus berat bisa lebih sering, misalnya setiap tiga bulan sekali.

Persiapan dan prosedur proses scaling gigi

Sebelum melakukan scaling gigi, keadaan gigi dan mulut kamu akan diperiksa terlebih dahulu oleh dokter. Kamu juga mungkin akan ditanya mengenai apa yang kamu rasakan, serta bagaimana biasanya kamu merawat gigi.

Dalam pemeriksaan ini, beri tahulah semua hal yang ditanyakan dokter, termasuk obat-obatan apa saja yang sedang kamu minum, serta riwayat penyakit dan alergi yang dimiliki. Terlebih jika ada kaitannya dengan gangguan darah.

Berikutnya dokter akan memulai pemeriksaan karang gigi dengan cermin kecil, atau jika perlu dokter juga akan menggunakan bantuan rontgen untuk hasil yang lebih jelas.

Biaya scaling gigi

Biaya scaling gigi adalah variatif, artinya dapat berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini bergantung pada kondisi karang gigi yang dimiliki, fasilitas kesehatan atau klinik, sampai tipe alat yang dipakai. Namun pada umumnya, harga scaling gigi berkisar antara Rp 400.000 sampai Rp 750.000.

Sebagai catatan, biaya scaling gigi ini bisa saja lebih murah atau lebih mahal ya, Sahabat Damessa.

Nah, itulah penjelasan seputar scaling gigi yang berhasil dirangkum oleh Damessa. Sekarang kamu sudah tahu kan manfaat scaling gigi tak hanya menjaga kesehatan mulut, tetapi juga bisa memelihara kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Bagi kamu yang lagi bingung cari tempat scaling gigi terdekat yang bagus, jatuhkan pilihanmu ke Damessa Family Dental & Skincare! Tersedia 7 cabang terdekat untuk kamu tuju. Yuk buat jadwal konsultasi secara online!