Apa itu Self Ligating Braces? Self Ligating Braces adalah salah satu jenis kawat gigi yang dipakai untuk memperbaiki struktur gigi agar rapi. Namun, berbeda dari kawat gigi tipe lainnya, Self Ligating ini tidak memerlukan karet behel di dalamnya.

Jadi, apakah Self Ligating tetap efektif digunakan? Yuk langsung saja cek jawaban lengkapnya di bawah. Damessa telah merangkum informasi seputar apa itu Self Ligating Braces, kelebihan hingga perbedaannya dari Conventional Braces. Jangan sampai terlewat!

Apa itu Self Ligating Braces?

Jika dilihat sekilas, kawat gigi Self Ligating mirip dengan kawat gigi konvensional yang biasanya dilengkapi dengan karet elastis warna-warni. Hanya saja, kawat gigi Self Ligating tidak membutuhkan karet elastis. Itulah perbedaan signifikan antara Self Ligating dan Conventional Braces.

Self Ligating memiliki klip khusus yang berguna menahan posisi kawat di setiap bracket. Di mana klip tersebut selalu aktif dan menggerakan gigi ke struktur yang benar lebih cepat.

Ketika memakai behel Self Ligating, kamu tetap harus melakukan kontrol rutin namun tidak sesering pengguna behel konvensional. Mengingat behel konvensional memerlukan penggantian karet kurang lebih 4 – 6 minggu sekali agar kerjanya optimal.

Jenis Self Ligating Braces

Self Ligating rupanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu aktif dan pasif. Self Ligating Aktif menggunakan klip pegas yang menekan archwire, mengimplementasikan gaya aktif. Sedangkan Self Ligating Pasif menggunakan mekanisme sliding yang tidak menekan archwire [1].

Sementara itu, dilihat dari material bahannya, behel Self Ligating dibedakan menjadi Self Ligating Metal dan Self Ligating Clear. Sesuai namanya, Self Ligating Metal terbuat dari bahan logam dengan warna silver dan Self Ligating Clear merupakan behel transparan terbuat dari ceramic yang warnanya serupa warna gigi. Umumnya, Self Ligating Clear memiliki harga lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

Berbicara mengenai jenis behel Self Ligating, terdapat salah satu jenis kawat Self Ligating terpopuler yaitu behel Damon. Jika tertarik, kamu bisa mengkonsultasikannya lebih lanjut di Damessa Family Dental Care.

Kelebihan Self Ligating Braces

Sebenarnya, ada beberapa kelebihan Self Ligating Braces yang membuatnya lebih unggul dibanding braces konvensional. Apa saja itu? Ini dia daftar kelebihan Self Ligating Braces.

  • Kebersihan mulut lebih terjaga. Behel Self Ligating tidak menggunakan karet elastis yang bisa menjadi tempat penumpukan sisa-sisa makanan. Sehingga, kawat gigi dan gigi lebih mudah dibersihkan.
  • Rasa sakit yang ditimbulkan lebih ringan. Behel Self Ligating tidak menggunakan karet seperti Conventional Braces. Di mana aret elastis pada behel konvensional dapat menyebabkan rasa sakit di gigi.
  • Jadwal kontrol lebih singkat dan tidak sering. Tidak adanya aktivitas penggantian karet elastis membuat durasi kontrol rutin lebih singkat daripada kontrol rutin behel konvensional. Bahkan, jadwalnya tidak sesering kawat gigi konvensional yang mana dilakukan minimal 1 bulan sekali.
  • Nyaman digunakan. Kelebihan Self Ligating Braces lainnya adalah nyaman digunakan karena bracket pada Self Ligating berukuran lebih kecil dibanding behel konvensional.
  • Tidak terlalu kentara. Behel Self Ligating tidak menggunakan karet elastis sehingga tidak terlalu terlihat dan tetap mendukung penampilan.

Apakah Self Ligating Braces Efektif?

Dilihat dari beberapa kelebihan Self Ligating Braces di atas, tentunya behel Self Ligating efektif digunakan untuk mengatasi permasalahan struktur gigi kamu. Terlebih lagi jenis behel ini tidak menggunakan karet elastis sehingga tidak menimbulkan rasa sakit yang terlalu mengganggu dan membuat kamu lebih nyaman.

Akan tetapi, penting untuk diperhatikan bahwa waktu atau lama penggunaan behel ini tetap bergantung dari kondisi gigi masing-masing individu. Jadi, kamu bisa langsung konsultasikan hal tersebut ke dokter gigi kamu, ya!

Siapa yang Bisa Menggunakan Self Ligating Braces?

Tapi, apakah semua orang bisa memilih menggunakan behel Self Ligating? Belum tentu, karena semuanya tergantung dari kondisi gigi masing-masing individu. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah behel Self Ligating merupakan pilihan terbaik untuk permasalahan gigi kamu.

Namun, umumnya mereka dengan permasalahan gigi menumpuk, gigi miring hingga gigi maju bisa menggunakan behel Self Ligating.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai kawat gigi Self Ligating yang perlu kamu ketahui. Berbeda dari kawat gigi konvensional, kawat gigi Self Ligating tidak menggunakan karet elastis di dalamnya melainkan klip khusus.

Dari daftar kelebihan Self Ligating Braces, tentunya terdapat pula kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan pada tipe ini. Salah satunya adalah harganya yang tergolong lebih mahal dibandingkan behel konvensional.

Namun, jika kamu memang mencari behel dengan minim rasa sakit dan mudah dibersihkan, maka behel Self Ligating lah pilihannya. Agar tidak bingung, yuk langsung saja konsultasikan permasalahan gigi kamu bersama Damessa Family Dental & Skincare terdekat. Buat jadwal dengan tim dokter profesional kami secara online.